Raker Penataan Usulan Dapil

KPU Kabupaten Banjar pada Senin (22/01), melaksanakan Rapat Kerja Penataan Dapil (DAPIL) dan Alokasi Kursi Pemilu 2019. Rapat kerja yang dilaksanakan oleh Internal KPU Kabupaten Banjar ini merupakan bagian dari tahapan penataan usulan Dapil sebelum pelaksanaan Uji Publik bersama stakeholders terkait.

Pada pelaksanaan Raker tersebut, KPU Kabupaten Banjar membuat Focus Group Discussion (FGD) yang secara keseluruhan terdiri dari 4 (empat) kelompok.

Masing-masing kelompok diberikan waktu untuk melakukan diskusi dengan berpedoman kepada tata cara pembentukan Dapil sesuai 7 (tujuh) prinsip yang terdapat pada PKPU Nomor 16 Tahun 2017 tentang Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi

Kursi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota dalam Pemilihan Umum, yakni prinsip kesetaraan nilai suara, ketaatan pada sistem Pemilu yang proporsional, proporsionalitas, integralitas wilayah, berada dalam satu wilayah yang sama, kohesivitas dan kesinambungan. Secara bergiliran, masing-masing kelompok memaparkan atau mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya.

Hasil dari pelaksanaan Rapat Kerja ini akan disusun oleh KPU Kabupaten Banjar menjadi sebuah draft usulan penataan Dapil & Alokasi Kursi pada Pemilu tahun 2019, yang kemudian akan disampaikan kepada publik pada rentang tanggal 02-06 Februari 2018. Kemudian dilakukan uji publik pada 07-13 Februari 2018.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *